Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang, Sebuah Tujuan Wisata di Garut

Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang
Pintu Gerbang Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Sentra kerajinan kulit Sukaregang, terletak di Kota Garut yang selama ini selalu identik dengan jajanan khasnya yaitu Dodol Garut. Keistimewaan pada kerajinan kulit yang diproduksi di Sukaregang ini adalah pembuatan produk kerajinan dari kulit domba asli.

Selama ini, Garut memang dikenal sebagai salah satu pusat kerajinan kulit terbaik di Indonesia. Diberbagai sudut wilayah Garut, terdapat banyak peternakan domba sebagai penopang produksi kulit ini.

Sentra kerajinan kulit Sukaregang ini bisa dijadikan sebuah tempat tujuan wisata yang menarik. Disana terdapat berbagai macam produk kulit yang tersedia dari mulai sandal kulit, sepatu kulit hingga jaket kulit. Desain dan motif yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan kulit mereka juga beragam, dari mulai etnik hingga modern.

Gambar dari OgieGarut.Wordpress

Beberapa produsen kerajinan di Garut juga mengekspor hasil produk kerajinannya ke wilayah lain di seluruh Indonesia dan juga ekspor ke luar negeri. Salah satu produk yang banyak di ekspor adalah produk kerajinan jaket kulit asli Garut. Sukaregang memang dikenal awalnya sebagai sentra kerajinan jaket kulit, hingga kemudian berkembang dengan produk-produk lainnya yang tetap berbahan dasar kulit.

Aneka produk buatan Sukaregang baik jaket atau pun aksesoris lainnya memang 100 persen kulit asli, soal harga tergantung jenis barang, ketebalan, dan modelnya. Sebagai contoh, untuk aksesoris seperti tas dari kulit dikenai harga mulai dari Rp 80.000 hingga lebih mahal lagi.

Untuk jaket, ada pilihan unik yang bisa dicoba yaitu jaket yang terbuat dari sisa-sisa potongan kulit. Jaket tipe ini dikenai harga mulai Rp 650.000. Beda ketebalan, beda harga tentunya. Untuk jaket yang tebal dan menutup seluruh tubuh, bisa dikenai harga Rp 700.000-2.000.000.

Kulit Sukaregang
Gambar dari otwgarut.com

Di sentra kerajinan kulit Sukaregang ini, bisa juga menyaksikan langsung proses pembuatan produk kerajinan kulit ini. Proses dari mulai saat pengulitan hingga proses penjahitan dibuka untuk pengunjung yang ingin menyaksikannya. Ya, Anda memang bisa melihat pembuatan secara langsung karena industri jaket kulit di sini merupakan industri rumahan. Kemampuan produksi rata-rata tiap produsen mencapai 2.000 jaket per bulan.

Selamat berkunjung ke Garut.

 

Penulis Kerani

Sumber : www.kerajinan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *